Profil Provinsi Bengkulu

Riwayat Propinsi Bengkulu

Di daerah Bengkulu sempat berdiri kerajaan-kerajaan yang berdasar pada etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, serta Kerajaan Marau Riang. Dibawah Kesultanan Banten, mereka jadi vazal.

Beberapa daerah Bengkulu, sempat juga ada dibawah kekuasaan Kerajaan Inderapura sejak era ke-17.

British East India Company (EIC) semenjak 1685 membangun pusat perdagangan lada. Bencoolen/Coolen yang datang dari bahasa inggris "Cut Land" yang bermakna tanah patah daerah ini ialah daerah patahan gempa bumi yang paling aktif di dunia dan gudang penyimpanan dalam tempat yang saat ini jadi Kota Bengkulu. Waktu itu, ekspedisi EIC di pimpin oleh Ralph Ord serta William Cowley untuk mencari alternatif pusat perdagangan lada sesudah Pelabuhan Banten jatuh ke tangan VOC, serta EIC dilarang berdagang disana. Traktat dengan Kerajaan Selebar pada tanggal 12 Juli 1685 meluluskan Inggris untuk membangun benteng serta beberapa gedung perdagangan. Benteng York dibangun tahun 1685 di seputar muara Sungai Serut.

Semenjak tahun 1713, dibuat benteng Marlborough (usai 1719) yang sampai saat ini masih tegak berdiri. Tetapi, perusahaan ini lama kelamaan mengerti tempat itu tidak memberikan keuntungan sebab tidak dapat membuahkan lada dalam jumlahnya memenuhi. Lihat: Peta Provinsi Riau

Semenjak dilaksanakannya Kesepakatan London pada tahun 1824, Bengkulu diberikan ke Belanda, dengan imbalan Malaka sekaligus juga penegasan atas kepemilikan Tumasik/Singapura serta Pulau Belitung). Semenjak kesepakatan itu Bengkulu jadi sisi dari Hindia Belanda.

Penemuan deposit emas di wilayah Rejang Lebong pada paruh ke-2 era ke-19 jadikan tempat itu jadi pusat penambangan emas sampai era ke-20. Sekarang ini, pekerjaan penambangan komersial sudah di stop sejak habisnya deposit.

Pada tahun 1930-an, Bengkulu jadi tempat pembuangan beberapa aktivis simpatisan kemerdekaan, termasuk juga Sukarno. Pada saat berikut Sukarno berteman dengan Fatmawati yang nantinya jadi istrinya.

Sesudah kemerdekaan Indonesia, Bengkulu jadi keresidenan dalam propinsi Sumatra Selatan. Baru semenjak tanggal 18 November 1968 dinaikkan statusnya jadi propinsi ke-26 (termuda sebelum Timor Timur).

Baca juga: Profil Sumatera Selatan

Seni serta budaya Propinsi Bengkulu

Tiga wanita Belanda kenakan pakaian sarong kebaya berjalan-jalan di muka Fort Marlborough (awal era ke-20).
Bengkulu mempunyai kerajinan tradisionil batik besurek, yaitu kain batik yang dihiasi huruf-huruf Arab gundul serta disadari oleh pemerintah Republik Indonesia sebagi satu diantara sisi warisan budaya Republik Indonesia dan ikut memperkaya khazanah budaya di Indonesia. Kebudayaan Bengkulu mempunyai beberapa ciri berlainan sebab dikuasai oleh suku-suku berlainan yaitu kebudayaan suku Rejang, suku Serawai, serta suku Lembak. Budaya tabut adalah satu kultur unik yang menggabungkan adat lokal dengan Islam Syiah dengan kultural.

Tari tradisionil

Tari-tarian tradisionil dari Bengkulu diantaranya:

  • Tari Tombak Kerbau
  • Tari Putri Gading Cempaka
  • Tari Pukek
  • Tari Andun
  • Tari Kejei
  • Tari Penyambutan
  • Tari Bidadari Menimang Anak

Seni musik

Seni musiknya ialah:

  • Geritan, narasi sekalian berlagu.
  • Serambeak, seni yang berbentuk patatah-petitih.
  • Andei-andei, seni sastra yang berbentuk nasehat.
  • Sambei, seni vokal ciri khas suku Rejang yang umumnya untuk pesta perkawinan. Peta Provinsi Bengkulu

Wisata alam

Pantai Panjang
Tempat pantai Panjang seputar 3 km dari kota Bengkulu. Seputar 7 km panjang pantai dengan 50 mtr. lebar dari jalan raya. Banyak transportasi umum yang ke arah atau pergi dari Pantai Panjang. Pohon cemara yang teduh menghiasi selama pantai. Hotel serta restoran terdapat banyak disana. Pantai ini mempunyai sarana ruang parkir, kolam renang, cottage serta yang lain yang memberi dukungan wisata disana.
Pantai Pasir Putih
Pantai ini terdapat di arah selatan sisi Pantai Panjang. Ada patung Gajah Putih yang menandai wilayah ini. banyak hotel serta penginapan yang ada. Jarak seputar 19 km dari pusat kota Bengkulu. Situasi jalan ke arah ke sana begitu baik. Dapat melalui jalan Jenggalu Lingkar Barat. Tempat ini bisa diraih dengan kendaraan roda empat type apa pun. Situasi pantai begitu bersih dengan pasir pantainya yang putih serta pohon cemara yang tumbuh di sekelilingnya.
Pantai Laguna Samudra
Pantai yang berada di ujung selatan propinsi Bengkulu mendekati perbatasan dengan Lampung. Tempat ini dapat ditempuh lewat Jalan Lintas Barat Sumatra yang menyambungkan Lampung serta Bengkulu sampai Sumatra Barat. Persisnya terdapat di desa Merpas, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur. Pantai yang mempunyai laguna begitu luas ini memiliki konsep rimba pantai. Pengunjung dapat berenang dengan aman sampai berperahu di laguna ini.
Pulau Tikus
Pulau ini terbagi dalam satu pulau induk serta beberapa pulau-pulau kecil yang lain yang mengelilingi serta dengan karang-karang yang indah. Pulau tikus begitu pas untuk wisata laut. Pulau ini bisa diraih seputar 1 jam dari kota Bengkulu dengan memakai kapal boat. Peta Provinsi
Danau Dendam Tidak Telah

Danau Dendam Tidak Telah
Danau ini dikelilingi oleh perbukitan kecil, dengan bukit barisan jadi latar belakangnya. Jaraknya seputar 8 km dari pusat kota Bengkulu. Anggrek air Vanda Hookeriana tumbuh selama danau. Saat musim bunga anggrek itu membuat danau jadi indah serta lebih sejuk.
Tapak Padri serta Pantai Jakat
Terdapat begitu dekat sama Benteng Marlborough dengan panorama laut yang indah. Tapak Padri dataran yang lumayan tinggi hingga kita bisa lihat matahari tenggelam.
Taman Rimba Hujan Tropis (Tahura)
Tempatnya seputar 16 km dari pusat kota Bengkulu yang bisa diraih oleh beberapa type kendaraan roda empat. Tempat ini umumnya dipakai untuk tempat ruang pemantauan serta tempat kemah dengan kondisi alam yang indah.
Taman Berburu Seblat
Terdapat di daerah kabupaten Bengkulu Utara, taman berburu ini adalah tempat baik buat kita yang hoby berburu. Mengenai hewan buruan yakni babi, kancil, kelinci, kijang, tupai, rusa, dan lain-lain. Tidak hanya hewan itu ada pula hewan-hewan lain yang hidup disana diantaranya monyet serta kera.
Taman Wisata Konak
Taman terintegrasi dengan ide alami serta kekinian yang berada di daerah Kepahiang. Taman ini mempunyai banyak koleksi satwa memiliki ukuran kecil sampai sedang dan mempunyai banyak wahana permainan keluarga. Peta Provinsi Jambi


Danau Tes
Danau paling besar di Bengkulu, danau yang mempunyai panorama dengan latar bukit bukit yang menghijau. Ditengah-tengah danau terdapat persawahan masyarakat serta satu gunung pasir.
Danau Gedang serta Bukit Menghijau
Danau yang masih asri di daerah Bengkulu Utara.
Danau Mas Harun Bastari
Terdapat di kecamatan Selupu Rejang, Rejang Lebong. Danau yang unik dengan pulau kecil dari rerumputan liar di tengahnya. Danau ini sudah mempunyai fasilitas-fasilitas yang begitu komplet serta bagus. Profil Sumatera Barat
Danau Musi
Danau di kabupaten Kepahiang yang terdapat di seputar Suro Ilir.
Taman Nanua
Taman ini ada di pulau terluar Indonesia, yaitu Enggano. Ini merupkan taman burung serta reptil mini.
Tanah Lot Lais
Susunan batu-batu karang di tepi pantai Lais, Bengkulu Utara yang benar-benar indah. Pas untuk lihat sunset yang indahnya mengagumkan,sebab keindahannya itu tempat ini dinamakan Tanah Lot Lais sebab serupa dengan Tanah Lot yang asli di Bali
Danau Picung
Adalah danau di sekitar Tubei,ibukota kabupaten Lebong. Danau ini terdapat di pusat kota dengan akses fasilitas yang lancar. Rumah dinas bupati menghadap kedanau indah ini. Pinggir danau dibuka untuk umum jadi daerah pemancingan


Taman Wisata Dio Bagite
Adalah kebun binatang mini dengan koleksi lumayan banyak satwa. Taman ini terdapat begitu strategis dipenggkolan jalan Curup-Lubuk Linggau.


Danau Tujuh Warna


Terdapat di wilayah Rimbo Pengadang, adalah telaga dengan 7 kawah yang semasing berlainan warnanya. Ada kawah berwarna putih, biru serta yang lain. Jalan ke arah ke sana lumayan baik, dapat memakai roda empat. Tetapi alangkah menariknya jika dilakkan dengan berjalan kaki dengan ramai-ramai. Saat akan ke arah kawah, kita pertama-tama akan menemui kawah biru serta harus melalui jalan setapak yang cukup curam.

Banyak pohon-pohon yang berdiameter satu mtr. lebih yang menghiasi panorama di kiri kanan jalan setapak. Matahari akan kelihatan cahayanya saja sebab terhambat pohon-pohon. Suhu yang lumayan tinggi hingga dapat untuk memasak telur atau menanak nasi. Beberapa kawah bersuhu 70 derajat celsius pas untuk therapy penyakit kulit serta rematik.

Sumber referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Bengkulu