Budaya Negara Brunei Darussalam

Budaya serta rutinitas orang Brunei seolah sama juga dengan Melayu, dengan dampak kuat dari Hindu serta Islam, tapi lebih konservatif dibanding Malaysia. Penjualan serta pemakaian alkohol diharamkan, dengan orang luar serta non-Muslim dibetulkan bawa dalam 12 bir serta dua botol miras setiap saat mereka masuk negara ini.

Budaya seni yang mencolok ialah seni bangun masjid, istana sultan, kaligrafi, macam hias dengan corak Arabik, tarian serta musik tradisionil ciri khas melayu. Seni kerajinan atau seni kriyanya berbentuk kenang-kenangan, kain songket, sulam bordir, dan lain-lain Parfum Oriflame Pria Best Seller.

Tari Adai Adai = tarian tradisionil dari suku Brunei yang berdasar pada kehidupan golongan nelayan. Tarian ini ditarikan oleh 4 pasangan pria & wanita yang menggunakan baju warna - warni. Kadang-kala tidak memakai alat musik, sebaliknya suara yang menemani nyanyian ialah hentakan.

Tari Aduk-Aduk = tarian upacara yang dikerjakan oleh orang Kedayan sepanjang berlibur, khususnya di akhir panen musim. Penari menggunakan baju prajurit tradisionil. Beberapa penari menari sesuai musik serta pergerakan silat. Tari Jipin = tarian rakyat Melayu serta dibarengi dengan beberapa lagu tradisionil.

Tari Alus Jua Dindang = tari tradisionil disertai dengan lagu serta umumnya dikerjakan sepanjang upacara pernikahan. Tarian serta lagu itu dikerjakan oleh ke-2 penari lelaki serta wanita. Lagu Tradisionalnya = Alus Jua Dindang, Samalindang, Anding, Kampong Air, Air Pasang, Ya illahi, Indung anak, Jong Sarat, Tudung Dulang, Tipal, Kayum Oya kayum, Dindang di dindang, Dindang bidara, Adun Ku Bima, Induk Anak Indung Bungaku, Ikhlas Cari, Lumut lunting. 

Beberapa ciri musik brunei darussalam ialah bau islami serta melayu yang kental. Alat musiknya diantaranya : Gulintangan = Alat musik ini terbagi dalam delapan gong kecil yang diatur berjejer. Alat musik ini berperan jadi pembukauntuk mengawali mainkan satu musik.

Canang = Canang-Canang adalah alat musik berupa gong yang digantungkan dengan tali. Alat musik inibersifat jadi pengiring dalam Orkestra Gulintangan. Parfum Oriflame Pria

Tawak-tawak = Alat musik tawak-tawak berupa gong yang memiliki ukuran lebih besar bila dibandingkandengan canang, tetapi lebih kecil bila dibanding dengan gong. Dalam OrkestraGulintangan, warga Brunei Darussalam menyebutkan jika tawak-tawak berperan jadi peningkul serta peningkah.

Gong =gong adalah alat musik menemani permainan dalam Orkestra Gulintangan. Alat musikini berperan jadi penegas dalam tiap interval irama musik. Harga Tas Oriflame 

Gandang Labik = Alat musik ini mempunyai peranan yang hampir serupa dengan gulintangan, yakni jadi penandauntuk mengawali serta akhiri permainan satu musik.

Brunei memilki banyat obyek wisata religi yang menarik, seperti Masjid Sultan Umar Ali Syaiffudin, serta Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah.Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah dibangun pada tahun 1988, di perkenalkan pada tahun 1994, serta adalah masjid terindah di Brunei, sebab memilki kubah yang di lapisi emas. Tidak hanya Masjid Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah, di ibu kota Brunei Darrusalam ada satu masjid bernama Masjid Sultan Omar Ali Syaiffudin.

Masjid ini adalah salah satunya masjis terindah di Asia Pasifik. Tidak hanya bertandang ke beberapa tempat religi, kita dapat juga nikmati beberapa tempat hiburan di Brunei, diantaranya tempat ini. Satu showroom mobil di lokasi Gadong, yang diurus Brunei hingga jadi tempat wisata simpel. Saat mendekati Imlek, mereka mendekorasi objek dengan penampilan ciri khas Cina.

Baca Juga:

 

Sumber: https://kemlu.go.id/bandarseribegawan/id/read/brunei-darussalam/1191/etc-menu