Sejarah Penemuan Sepeda Motor

Sepeda motor ialah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh satu mesin. Letak ke-2 roda sebaris lurus serta pada kecepatan tinggi sepeda motor masih konstan dikarenakan oleh style giroskopik. Sedang pada kecepatan rendah, konsistensi atau kesetimbangan sepeda motor tergantung pada penataan setang oleh pengendara.

Pemakaian sepeda motor di Indonesia benar-benar terkenal sebab harga yang relatif murah, dapat dijangkau untuk sejumlah besar golongan serta pemakaian bahan bakarnya dan serta ongkos operasionalnya cukup irit.

Riwayat Penemuan Sepeda Motor

Sepeda motor adalah peningkatan dari sepeda konvensional yang lebih dulu diketemukan. Pada tahun 1868, Michaux ex Cie, satu perusahaan pertama di dunia yang menghasilkan sepeda dalam rasio besar, mulai meningkatkan mesin uap jadi tenaga penggerak sepeda. Tetapi usaha itu belum juga sukses dan diteruskan oleh Edward Butler, seseorang penemu asal Inggris.

Butler membuat kendaraan roda tiga dengan satu motor lewat pembakaran dalam. Semenjak penemuan itu, makin banyak dikerjakan eksperimen untuk bikin mobil dan motor. Diantaranya dikerjakan oleh Gottlieb Daimler serta Wilhelm Maybach dari Jerman.

Ke-2 penemu itu berjumpa saat kerja bersama dengan di Deutz-AG-Gasmotorenfabrik, produsen mesin stasioner paling besar pada tahun 1872. Pemilik Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang bernama Nikolaus Otto sukses membuat mesin empat langkah atau yang disebutkan mesin empat tidak serta penemuan itu dipatenkan pada tahun 1877. Meskipun mesin empat tidak itu masih begitu simpel serta kurang efektif, tapi mesin itu diinginkan bisa gantikan mesin uap.

Pada tahun 1880, Daimler serta Maybach dikeluarkan dari perusahaan itu serta kedua-duanya membangun satu bengkel di Suttgart. Pada tahun 1885, kedua-duanya membuat karburator untuk mencampurkan bensin serta udara hingga bisa dipakai jadi bahan bakar mesin empat tidak ciptaan Otto.

Mereka meningkatkan mesin empat tidak itu jadi silinder 100 cc serta menempatkan mesin itu pada suatu sepeda kayu. Sepeda kayu bermesin itu dikatakan sebagai Reitwagen ("riding car") serta jadi sepeda motor pertama di dunia.

Baca Juga: Sejarah Penemuan Radio

Beberapa jenis/Type Sepeda Motor

1. Sport

Type sport ialah type sepeda motor yang diutamakan untuk pemakaian balap serta kecepatan tinggi. Pengemudi yang menyetir sepeda motor sejenis sport ini relatif membungkuk ke depan serta tempat kaki yang dikit ke belakang, tempat itu dipakai pada sepeda motor semacam ini supaya tekananan angin dari arah depan yang bersimpangan tidak menghajar badan pengendara yang membuat sepeda motor ini dapat meluncur dengan kecepatan tinggi.

Body sepeda motor semacam ini mempunyai jarak yang dekat sama tanah yang mengakibatkan sepeda motor ini rendah, ini karena untuk meningkatkan faktor aerodinamis sepeda motor pada kecepatan tinggi di circuit. Contoh sepeda motor type ini yakni: Honda CBR 250, Honda CBR 150, Kawasaki Ninja, dan lain-lain.

2. "Bebek"

Type ini ialah type sepeda motor manual tanpa ada kopling yang mempunyai Kemampuan Silinder (CC) kecil. Type sepeda motor ini yakni mode body yang bercorak dari jok pengendara ke bawah selanjutnya naik ke stang kemudi. Tempat pengendara untuk sepeda motor ini tegak. Contoh sepeda motor type ini yakni: Honda Supra X 125, Honda Revo, Honda Blade, Honda Astrea, Yamaha Jupiter, Honda Sonic 150R dan lain-lain

3. Skuter Matik

Type skuter matik ini ialah type sepeda motor automatis yang tidak memakai umpan gigi manual serta cuma cukup hanya satu akselerasi, sepeda motor ini mempunyai kemampuan silinder (CC) kecil serta tempat pengemudi yang tegak, ukuran sepeda motor ini lebih kecil serta mudah dibanding type bebek. Sepeda motor ini mempunyai ruangan kosong antara kemudi serta pengendara yang sangat mungkin untuk kaki dapat diletakkan dalam tempat itu.

Sepeda motor ini benar-benar pas untuk wanita serta ini dipakai untuk kepentingan dalam kota/daerah. Sepeda motor type ini mempunyai dimensi ukuran ban serta roda yang lumayan kecil. Contoh sepeda motor type ini yakni: Honda Beat, Honda Vario, Honda Scoopy, Honda Spacy Helm-in, Vespa Piaggio, Yamaha Mio, dan lain-lain.

4. Standar/Naked

Type ini ialah type sepeda motor berkopling serta mempunyai jarak body dari tanah yang tinggi, sepeda motor type ini adalah sepeda motor yang tidak dipakai untuk arena balap/kecepatan tinggi tetapi design body serta perform mesin yang lebih bertenaga serta kuat.

Type sepeda motor ini dipakai dalam kepentingan seharian serta bisa dikendarai pada medan berbatu/berkerikil tetapi tidak off-road dengan penuh. Contoh sepeda motor type ini yakni: Honda Tiger, Honda MegaPro, Honda Verza 150, Bajaj XCD, Suzuki Thunder, Yamaha SZ-X, Honda CB Trigger, Honda Win, dan lain-lain

5. Cruiser

Type cruiser ialah type sepeda motor yang mempunyai torsi mesin yang besar serta memiliki potensi menarik beban besar. Umumnya motor type ini sama dengan mesin 2 silinder, riding position yang enjoy serta bergaya Chopper. Tempat tangan pengendara tambah tinggi dibanding sikap duduk serta tempat kaki yang selonjor ke depan. Contoh sepeda motor ini ialah produk pabrikan Harley Davidson serta Bajaj Avenger.

6. Trail/Off-Road

Type trail ialah type sepeda motor yang diutamakan untuk menyalip medan berat/Off Road. Contohnya medan berbatu serta berlumpur. Sepeda Motor type ini memiliki ciri kontur ban kasar, mirip pacul/bergerigi kotak-kotak. Motor type ini memiliki torsi besar serta tahan banting. Jarak body dari tanah relatif tinggi. Sepeda Motor type ini tidak memburu top speed, tapi akselerasi.

Sepeda Motor type ini mempunyai type suspensi yang lebih dibanding motor lain sebab pemakaiannya di medan berat. Contoh sepeda motor type ini yakni: Suzuki DR Z400S dual sport 400 cc, Kawasaki KLX 150, Honda CRF450X, dan sebagainya.

Baca Juga: Sejarah Penemuan Televisi

Sepeda motor memiliki bahan bakar fleksibel

Kendaraan bahan bakar fleksibel atau kendaraan bahan bakar ganda ialah kendaraan bahan bakar pilihan dengan mesin pembakaran dalamnya yang dibuat dapat memakai lebih dari 1 type bahan bakar, umumnya ialah bensin yang digabung dengan etanol atau metanol. Mesin-mesin memiliki bahan bakar fleksibel kekinian bisa memakai bahan bakar dengan kombinasi berapapun di ruangan bakarnya sebab injeksi serta waktu percikannya telah ditata automatis oleh sensor elektronik.

Kendaraan bahan bakar fleksibel berlainan dengan kendaraan bi-bahan bakar, dimana ke-2 bensin disimpan di ke-2 tangki yang berlainan serta mesinnya cuma membakar satu type bahan bakar saja saat kerja, contohnya CNG, Elpiji, atau hidrogen.

Mode dari kendaraan bahan bakar fleksibel yang terbanyak di dunia ialah kendaraan bahan bakar etanol, dengan 25,1 juta mobil, motor, serta truk mudah yang terjual di penjuru dunia sampai Juni 2011, serta terkonsentrasi di 4 negara, Brasil (14,3 juta), Amerika Serikat (10 juta), Kanada (lebih dari 600.000), serta Eropa, yang di pimpin oleh Swedia (226,089). Kendaraan bahan bakar fleksibel di Brasil terhitung dengan 1 juta unit motor yang dibuat di negara itu semenjak tahun 2009.

Pengembangan lain dari tehnologi bahan bakar fleksibel di Brasil ialah peningkatan sepeda motor memiliki bahan bakar fleksibel. Motor memiliki bahan bakar fleksibel ini dikenalkan pertama-tama oleh Honda pada bulan Maret 2009. Dibuat oleh divisi Honda di Brasil yakni Moto Honda da Amazônia, motor CG 150 Titan Mix di jual pada harga kurang lebih 2.700 dolar AS. Untuk menghindarkan permasalahan pengontakan mesin pada musim dingin, tangki bensin motor ini minimum harus diisi 20% bensin saat suhu turun dibawah 15 °C (59 °F).

Pada bulan September 2009, Honda meningkatkan sepeda motor memiliki bahan bakar fleksibel kedua-duanya yakni Honda NXR 150 Bros Mix. Sampai bulan Desember 2010, penjualan ke-2 motor memiliki bahan bakar fleksibel Honda ini sudah sampai 515.726 unit, dengan market share sebesar 18.1% pada tahun 2010.

 

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda_motor