Mengumpan memakai kaki sisi lua

Mengumpan dengan kaki sisi luar sering dipakai di dalam permainan sepak bola. Arah megumpan bola memakai kaki sisi luar untuk hasilkan bola yang arahnya meliuk ke luar dan targetnya jauh. Agar bisa lakukan umpan dengan kaki sisi luar bisa dilaksanakan dengan beberapa langkah seperti berikut.

Status awalnya mengumpan bola dengan kaki sisi luar:
Dengan diawali sikap berdiri menghadap arah pergerakan bola.
Tempatkan kaki pijak dari sisi bola. c) Sikap ke-2 lengan dari sisi tubuh cukup terentang.
Pergelangan kaki yang bakal dipakai menyepak diputar ke dan digembok.
Penglihatan terkonsentrasi pada bola.

https://peta-hd.com/wp-content/uploads/2021/08/Kunci-Jawaban-Tema-1-Kelas-2-Halaman-108-109-110-111-Subtema-3-Hidup-Rukun-di-Sekolah-Pembelajaran-2-Buku-Tematik.jpg

Pergerakan mengumpan bola dengan kaki sisi luar:
Perhatian persiapan rekan pasangan/patner siap atau memang belum untuk terima umpan bola. Ambil kaki yang bakal dipakai mengumpan ke belakang, lalu ayunkan di depan ke bola bertepatan kaki diputar ke dalam.
Perkenaan kaki pada bola pas pada tengahnya bola.

Akhir pergerakan mengumpan bola dengan kaki sisi luar: Membawa berat tubuh di depan bertepatan kaki yang dipakai menyepak diletakkan dimuka. 

Penglihatan di depan.

Penerapan mengumpan dengan kaki sisi luar dengan umpan yang bisa melalui tengah gawang atau atas gawang. Pertama berdiri sama-sama bertemu antara gawang dalam jarak ± 7 m. Latihan dilaksanakan secara berpasangan atau barisan. Latihan mengumpan dilaksanakan pada tempat dan diteruskan bergerak ke kiri dan ke kanan. Lakukan latihan mengumpan berkali-kali dan berganti-gantian. Latihan mengumpan dilaksanakan untuk memberikan nilai-nilai kerja sama, keberanian, sportivitas.

Baca: Menghentikan Bola

c. Mengumpan memakai punggung kaki

Mengumpan dengan punggung kaki, banyak digunakan untuk memberinya bola jarak jauh di antara pemain satu sama pemain lain dan bola cukup deras, yang membandingkan dengan mengumpan memakai kaki sisi dalam ialah perkenaan kaki dengan bola. Arah mengumpan bola memakai punggung kaki untuk hasilkan bola yang arahnya mencatatr. Agar bisa lakukan umpan memakai punggung kaki dilaksanakan dengan beberapa langkah seperti berikut.

Status awalnya mengumpan bola dengan punggung kaki: Dengan diawali sikap berdiri menghadap arah pergerakan. Tempatkan kaki pijak dari sisi bola dengan sikap lutut cukup tertekuk dan pundak menghadap pergerakan.

Sikap ke-2 lengan dari sisi tubuh cukup terentang. Pergelangan kaki yang bakal dipakai menyepak diambil kebelakang dan digembok. Penglihatan terkonsentrasi pada bola.

Pergerakan mengumpan bola dengan punggung kaki: Perhatian persiapan rekan pasangan/patner siap atau memang belum untuk terima umpan bola. Ambil tungkai yang bakal dipakai menyepak ke belakang lalu ayun di depan ke bola.
Perkenaan kaki pada bola pas pada tengahnya bola.

Akhir pergerakan mengumpan bola dengan punggung kaki: Membawa berat tubuh di depan bertepatan kaki yang dipakai menyepak diletakkan dimuka.

Sumber: 

peta-hd.com